7/23/2008

Cara Gampang Terhindar dari Kegagalan Bisnis Internet

Anda tengah berniat memulai bisnis internet? Atau mungkin sudah mencoba tapi sayangnya menemui kegagalan? Sabar dan tenanglah. Tak perlu menyalahkan diri dan kemudian menjadi anti terhadap segala yang berbau internet. Sebab, suka atau tidak, mau ataupun menolak, bisnis masa depan ada di dunia internet.

Tak percaya? Coba lihat sekeliling anda. Terjadi perubahan yang luar biasa bukan? Di samping rumah anda mungkin dulunya adalah tanah kosong yang biasa anda pakai main sepakbola bersama kawan-kawan anda. Tapi sekarang mungkin sudah berdiri gedung atau tower pemancar.

Hal yang sama pasti anda temui di jalanan. Jalan raya kota yang dulu lengang sampai bisa anda pakai naik sepeda berjejer tiga, sekarang hiruk pikuknya minta ampun. Puluhan kendaraan berada pada ruas jalan yang sama pada saat bersamaan. Setiap kendaraan saling serobot sambil berlomba membunyikan klaksonnya. Setiap anda akan keluar rumah, kata pertama yang muncul dalam otak anda adalah macet…macet…dan macet.

Coba anda bayangkan bagaimana kondisinya 10, 20, atau 50 tahun lagi? Pastinya situasinya akan makin parah. Bahkan mungkin untuk bergerak saja, anda akan kesulitan.
Sementara pada sisi lain, dunia bisnis terus bergerak maju. Kecepatan dan ketepatan kian menjadi faktor penting keberhasilan suatu bisnis. Konsumen tak mau menunggu berlama-lama hanya untuk menantikan kedatangan suatu produk. Konsumen menuntut kecepatan layanan berkali-kali lipat dari masa sebelumnya.

Karena itu, bila tak mampu menjawab tantangan ini pastilah bisnis apapun yang anda geluti akan terjungkal. Kalau kata pepatah bisnis masa kini,”Yang tak cepat pasti akan sekarat. Yang tak lekas pasti akan dilibas.”

Dan yang mampu menjembatani kebutuhan bisnis yang kini bergerak dalam hitungan sepersekian detik itu adalah dunia internet. Dunia internet lah yang bakal mampu menyelamatkan usaha anda saat ini. Dunia internet adalah masa depan hidup anda.

Bagi anda yang berniat mulai terjun ke bisnis internet, tak usah ragu lagi. Segera terjun agar tak menyesal di kemudian hari. Singkirkan segala penghalang yang membuat anda enggan melangkah. Ketakutan anda untuk mencoba dunia internet bisa berakibat sangat fatal di masa mendatang.

Dan bila anda sudah punya usaha di luar dunia internet, anda tetap bisa mengintegrasikannya dengan kekuatan dunia internet. Pasti hasilnya akan jauh lebih mencengangkan. Sebab, di tahun-tahun mendatang, jumlah pengguna internet akan terus meningkat. Dan semakin lama, internet kian menjadi kebutuhan primer, levelnya sama dengan kebutuhan perut anda.

Bagi anda yang dulu pernah gagal, segera kubur kisah kelam masa lalu anda. Sekarang saatnya kembali mengangkat wajah, tarik bahu, busungkan dada, dan sunggingkan senyum anda. Lalu katakan dengan mantap,”Ya saya pasti bisa sukses! Bisnis internet pasti bisa saya taklukkan”. Bila perlu, print kata-kata tadi dengan ukuran font besar-besar dan tempelkan di dinding dekat komputer anda. Agar motivasi anda selalu menyala-nyala untuk sukses berbisnis internet.

Dan supaya anda tak terjerembap ke lubang kegagalan yang sama, ada beberapa prinsip yang perlu anda perhatikan.

  1. Sebelum launching produk, buatlah rencana bisnis yang detail. Anda harus memiliki rencana detail untuk menyukseskan bisnis anda. Langkah-langkah yang ingin anda lakukan dan tahapan sukses yang ingin anda raih harus sudah direncanakan. Tanpa rencana yang detail, anda pasti kebingungan untuk mengarahkan bisnis anda. Jadi buatlah rencana yang detail untuk bisnis internet anda.
  2. Kerja keras dan kerja cerdas. Perencanaan detail yang sudah anda buat saatnya diterapkan lewat paduan kerja keras dan kerja cerdas. Melalui bisnis internet keduanya sangat mungkin digabungkan. Sistem otomatis yang banyak bertebaran di dunia internet bisa anda gunakan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan bisnis anda. Manfaatkan internet sebagai tenaga kerja anda untuk meraih penghasilan yang diidamkan.
  3. Hindari bermental gratisan. Setiap orang pasti suka apapun yang berlabel gratis. Tapi apakah anda pernah amati para internet marketer yang sukses juga melakukannya? Sama sekali tidak. Mereka sangat menghargai bisnis mereka seperti mereka menghargai hidup mereka sendiri. Bisnis mereka dibangun dengan investasi yang sudah diperhitungkan. Biaya yang mereka keluarkan sangat disadari akan mendapatkan pengembalian hasil yang berlipat-lipat. Okelah kalau di awal-awal berkenalan dengan bisnis internet anda memanfaatkan segala hal yang gratis tak jadi soal. Namun nantinya begitu anda serius menjalani bisnis internet, saya sarankan untuk berinvestasi. Baik untuk membuat website, membeli domain, hosting, dan lainnya.

No comments:

Lencana Facebook

Profil Facebook Dwiarko Susanto
Powered By Blogger
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia