10/02/2011

Sejarah Komputer (materi kelas VII) - bagian satu

Tahun 1937
Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry mendesain dan membangun komputer elektronik untuk perhitungan pada pertama kalinya. Nama mesin tersebut adalah ABC (Atanasoff Berry-Computer), mesin tersebut menjadi landasan utama untuk membuat komputer elektronik yang lebih baik.


• Tahun 1943
Pada saat perang dunia II, ilmuwan Alan Turing mendesain Colossus,  sebuah komputer elektronik yang diciptakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman.

• Tahun 1945
Dr. John Von Neumann menulis banyak kode pemprograman di dalam kertas. Hal ini yang mengilhami adanya memory pada komputer untuk menyimpan data dan program pada saat yang bersamaan.


• Tahun 1946
Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr menyelesaikan komputer elektronik secara besar-besaran  pada pertama kali yang disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) yang mempunyai berat 3 Ton, 18.000 tabung vakum, berdimensi 50x30 kaki, dan yang hebatnya, komputer ini menghabiskan daya 160 kilowatts yang dapat mematikan listrik seluruh Philadelphia pada waktu pertama kali dinyalakan.


• Tahun 1947
William Shockey, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan device yang dapat mengatur tahanan listrik yang dikenal dengan transistor. Device ini menjadi cikal bakal komputer masa depan karena dapat menggantikan kerja tabung vakum sehingga lebih efisien dan tidak boros tempat.

• Tahun 1951
Diciptakan komputer pertama yang dijual bebas yaitu UNIVAC I (Universal Automatic Computer) yang
diperkenalkan oleh Remington Rand.

• Tahun 1952
Dr. Grace Hopper mengajarkan menuliskan program dengan notasi simbol yang lebih dapat dimengerti oleh manusia daripada bahasa mesin.

• Tahun 1953
IBM 640 adalah komputer pertama yang dapat diterima masyarakat. Awalnya hanya memproduksi 50 mesin, tetapi melonjak sampai 1000 mesin. Setelah itu diciptakan IBM 700 yang menjadi mainframe yang paling mendominasi di dunia komputer.


• Tahun 1957

  1. IBM 305 RAMAC komputer pertama yang menggunakan magnetic disk sebagai external storage medianya.
  2. FOTRAN (FORmula TRANslation) diciptakan sebagai bahasa programming yang efisien dan mudah digunakan, diciptakan oleh John Backus.

2 comments:

Wandira Si Blogger Tengil said...

Kereennn pakk :D
Wkwkwkw
Aku wandira dri kls 7A

Blog Gokil said...

bapak --" itu komputer bejubun :D
wwkk GPP :D DO THE BEST besok! MUST HAVE A GOOD SCORE :D doaaiin ya pak O:)

saya Bidaria. :D dari 7a

Lencana Facebook