10/04/2011

General Design (Materi Kelas IX) - ELEMEN DESAIN

Setiap gambar visual terdiri dari gabungan beberapa unit gambar yang lebih sederhana. Unit gambar disebut sebagai elemen. Tanpa elemen maka desain tidak akan pernah terbentuk, maka dari itu perlu dipahami macam-macam elemen yang ada di desain grafis. Berikut merupakan elemen-elemen desain:

2.1 Space (ruang)
Space adalah area yang disediakan untuk tujuan tertentu. Space bisa berupa 2 dimensional maupun 3 dimensional. Space juga menunjukan jarak atau luas area tertentu. Ada 2 macam space, positif space dan negatif space.
Positif space lebih mengarah ke area yang telah diisi oleh subjek sedangkan negatif space lebih lebih mengarah ke area yang tidak diisi oleh subjek.

2.2 Line (garis)
Sebuah elemen dasar yang menunjukan pergerakan dari satu titik dalam sebuah permukaan. Tepi sebuah objek dan bentuk pun dapat membentuk sebuah garis. Garis merupakan komponen paling dasar dari sebuah bentuk. Bentuk garis pun bermacam-macam:
a. Kurva
b. Horizontal
c. Vertikal
d. Diagonal
e. Zigzag
f. Berombak
g. Strip
h. Titik-titik

2.3 Color (warna)
Warna adalah sesuatu yang dapat dilihat mata dikarenakan pantulan dari cahaya melalui permukaan. Biasanya digunakan untuk memberikan kesan kontras dan digunakan untuk menarik perhatian salah satu bagian gambar. 2.4 Shape (bentuk) Sebuah area yang berdiri sendiri dari sebuah area yang lebih besar. Untuk membedakannya, biasanya digunakan garis, warna, ataupun tekstur untuk membuat sebuah bentuk. Bentuk bisa berupa perspektif ataupun di tumpuk satu sama lain (overlap). Bentuk bisa berupa geometri ataupun organik.


2.4 Shape (bentuk) 
Sebuah area yang berdiri sendiri dari sebuah area yang lebih besar. Untuk membedakannya, biasanya digunakan garis, warna, ataupun tekstur untuk membuat sebuah bentuk. Bentuk bisa berupa perspektif ataupun di tumpuk satu sama lain (overlap). Bentuk bisa berupa geometri ataupun organik.


2.5 Texture (tekstur) 
Tekstur dapat diartikan sebagai sebuah kualitas permukaan. Dalam desain, ada 2 jenis tekstur, tactile dan implied. Tactile adalah tekstur yang sebenarnya, jadi permukaan objek dapat disentuh dan dirasakan permukaannya. Sedangkan Implied tekstur dapat dilihat teksturnya, namun tidak dapat disentuh ataupun dirasakan permukaannya. Sebuah elemen seni yang menunjukan hubungan antara terang dan gelap dalam sebuah permukaan atau objek yang berfungsi memberikan kedalaman dan perspektif.

No comments:

Lencana Facebook