7/23/2008

4 Kiat Agar Lebih Sukses Berbisnis Internet

Apa yang sudah anda peroleh sampai detik ini? Sudahkah anda puas dengan hasil itu? Dan apakah pencapaian itu sudah maksimal?

Semua bisa diatasi dengan sukses. Bagaimana caranya? Tanpa perlu berpanjang lebar, saya sampaikan kiat-kiat agar bisnis internet anda bisa lebih melejit.

1. Naikkan harga produk anda.
Anda ingat berapa harga produk SMUO dulu? Benar! Dulu tidak sampai Rp 100 ribu. Sekarang harga jualnya sudah menjadi Rp 200 ribu. Naik 100 persen atau dua kali lipatnya. Dan sampai sekarang syukurlah penjualannya tetap laris manis.

Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Biar penghasilan anda pun bisa lebih meningkat. Tapi sebelum menaikkannya, anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi penjualan saat ini. Jika memang laris, jangan ragu-ragu untuk menaikkannya. Dengan menaikkan harga, selain pasti meningkatkan keuntungan anda dan para reseller, juga membuat produk anda terkesan lebih eksklusif. Bukankah produk yang eksklusif memang berharga lebih mahal kan?

Dengan menaikkan harga, anda pun bisa tetap menjadi pemimpin pasar. Ketika banyak produk yang mirip dengan milik anda dan mungkin berharga lebih murah, menaikkan harga membuat produk anda menjadi berbeda dengan yang ada di pasaran. Tapi di luar itu semua, ada satu hal penting yang perlu diingat sebelum menaikkan harga. Yakinkan diri anda bahwa produk anda memang layak untuk berharga lebih tinggi. Tentunya value yang dijadikan patokannya.

2. Perhatikan siapa pembeli produk anda.
Periksa kembali siapa saja yang sudah membeli produk anda. Dan rawat mereka baik-baik. Berikan perhatian dnegan sungguh-sungguh. Sebab karena merekalah bisnis internet anda bisa sukses. Jalin pula komunikasi intensif dengan mereka agar tali silaturahmi tak terputus. Selain itu, kalau anda punya produk baru, tawarilah mereka. Upayakan mereka menjadi yang pertama tahu tentang produk terbaru anda. Jangan sia-siakan pelanggan setia anda ini. Mereka yang sudah mempercayai anda, biasanya lebih mudah untuk melakukan pembelian berulang.

3. Perhatikan pengeluaran anda.
Periksa kembali semua pengeluaran bisnis anda. Seberapa besar yang sudah anda keluarkan dan apakah hasilnya setimpal? Bila hasilnya memang setimpal, tak ada masalah. Namun bila ternyata, pengeluaran anda membesar tapi penghasilan mengecil, berarti anda perlu memeriksa kembali pengeluaran anda. Pangkas biaya yang tak perlu dan pastikan pengeluaran anda memberikan kemajuan untuk bisnis anda.

Dalam soal pengeluaran bukan berarti kemudian anda harus selalu memilih yang termurah. Yang lebih penting adalah sejauh mana pengeluaran itu memberi pengembalian yang memuaskan. Tidak menjadi soal bila pengeluaran anda sedikit lebih besar, yang penting hasilnya sesuai harapan.

4. Berikan pelayanan terbaik.
Tak peduli apapun yang tengah anda pasarkan, jangan pernah abaikan aspek pelayanan. Kini pelayanan kian memegang peran penting. Asalkan pelayanan anda bagus, biasanya konsumen tak ragu meski harus membayar lebih mahal. Buka semua jalur komunikasi agar konsumen bisa dengan mudah menghubungi anda. Serta berikan layanan terbaik kepada mereka. Jawab setiap pertanyaan mereka serta jelaskan hal yang ingin mereka tahu. Upayakan pula untuk memberikan jawaban dan layanan yang cepat. Karena rata-rata konsumen zaman sekarang biasanya enggan untuk menunggu lama.

Dengan keempat kiat ini, saya yakin bisnis internet anda akan melesat lebih cepat. Dan pastinya, uang yang lebih banyak anda dapatkan. Namun, biar tak ada rintangan yang menghadang lagi, anda perlu tahu pula tiga penghalang kesuksesan bisnis online anda. Dijamin, bisnis anda akan lebih lancar!

1 comment:

Anonymous said...

kalo harga di mahalin...tambah kaga da yang mau beli kali pak....

Lencana Facebook