12/03/2007

Cara Sukses Memasarkan potensi diri!!!

Secara ringkas saya akan mengutip, apa yang dikatakan oleh Hermawan Kartajaya (selanjutnya disingkat menjadi HK) dalam buku karangannya. HK menyatakan bahwa core strategy untuk memasarkan diri, dapat dilihat sebagaimana perusahaan melakukan pemasaran, yaitu didasarkan pada segitiga PDB (Positioning, Differentiation dan Brand)

Positioning: Bagaimana memposisikan diri dengan jelas dibenak pelanggan, atau target market. Positioning ini merupakan janji kepada pelanggan. Siapakah pelanggan anda? Tentu saja jika Anda bekerja di perusahaan, pelanggan anda adalah bos anda. Atau Human Resources Manager yang berencana akan merekrut anda. Agar janji memiliki kredibilitas dan dipersepsi positif oleh pelanggan, maka harus didukung oleh diferensiasi yang kuat.
Diferensiasi: Bagaimana menopang positioning yang tepat dengan diferensiasi yang kokoh. Apa sumber daya anda? Yang paling dasar adalah waktu, karena waktu dapat dimanfaatkan untuk hal baik maupun hal buruk. Kemampuan atau talenta yang unik, akan membedakan diri anda dengan orang lain. Sumber daya anda yang dimiliki tersebut harus diolah dan dikembangkan untuk dipasarkan kepada target market dan stake holder kita. Agar sukses dipasaran, maka sumber daya harus diolah sehingga mempunyai value. Apa value yang akan ditawarkan kepada bos? Misalkan, kepandaian anda dalam menulis dan menganalisa yang menyebabkan bos mudah mencerna laporan keuangan. Atau kemampuan instink bisnis anda dalam menilai nasabah, yang membuat target bos anda dalam menambah nasabah tercapai. Sumber daya yang dimiliki tersebut harus ditransfer menjadi kompetensi, yang akhirnya menjadi keunggulan bersaing anda, dibanding rekan-rekan yang lain.
Branding: Bagaimana anda membangun ekuitas merk diri anda secara berkelanjutan. Positioning yang didukung oleh diferensiasi yang kuat akan menghasilkan brand integrity yang kuat. Bila proses PDB berjalan terus menerus dengan baik, akan menciptakan proses penguatan terus menerus pada unsurPDB

No comments:

Lencana Facebook