6/16/2011

Anatomi Sebuah Blog


Blog merupakan suatu jenis situs web yang memiliki suatu ciri khas tertentu sehingga dapat dibedakan dengan jenis situs web lainnya. Menurut Sheila Ann dalam artikel yang berjudul “Components of a Web Log”, blog secara umum memiliki komponen – komponen sebagai berikut, yaitu :

Blog Title - Nama atau judul sebuah blog.

Subtitle - Merupakan sebuah tagline atau deksripsi singkat blog tersebut. Date Stamp – Petunjuk waktu berupa hari, dan tanggal suatu postingan dipublikasikan dalam blog.

Entry Title – Judul dari suatu postingan.

Entry’s Main Body – Isi utama dari postingan blog, termasuk text, gambar/photo dan link terkait.

Blog Author – Nama penulis dari suatu postingan. Hal ini bersifat opsional, dan biasanya merupakan informasi yang berguna dalam suatu blog yang dikelola banyak penulis.

Comments Tag – Komentar dan feedback pengunjung atau pembaca blog terhadap suatu postingan.

Time Stamp – Petunjuk waktu tepat dalam rupa jam, menit, dan detik suatu postingan dipublikasikan. Terkadang petunjuk waktu ini digunakan sebagai link permanen suatu postingan.

Permalink – Suatu link permanen dari suatu postingan tertentu. Contohnya : http://blog.kenz.or.id/2005/05/08/manfaat-psikologis-aktivitas-ngeblog.html Link permanen ini sangat berguna untuk mempermudah mesin pencari ataupun blogger lain untuk menuju ke postingan tersebut.

Calendar – Kalender ini merupakan fasilitas opsional dari suatu blog untuk menunjukkan adanya postingan tertentu yang dipublikasikan pada suatu tanggal dalam satu bulan. Kalender akan memudahkan pengunjung untuk melihat postingan sesuai dengan tanggal tertentu.

Archives – Kumpulan postingan terdahulu dalam suatu blog. Kumpulan postingan ini dapat digolongkan berdasarkan waktu (harian, mingguan atau bulanan), kategori, publikasi terakhir, ataupun berdasarkan jumlah komentarnya.

Links – Pemilik blog dapat menambahkan link suatu situs di luar blognya sesuai dengan tujuan pemilik blog. Kumpulan link ini bisa berupa sebuah blogroll (suatu koleksi link ke blog favorit), link ke situs web lain, atau media lainnya (buku, musik dll).
RSS/XML Tag – Suatu blog terkadang memiliki fasilitas RSS feed, yaitu sebuah file berformat XML2 untuk mempermudah penyebaran informasi ke situs lain, ataupun software lainnya (feed reader/aggregator).

Ads – Terkadang dalam suatu blog memiliki ruang iklan, baik yang diadakan secara pribadi maupun sebagai suatu syarat penggunaan layanan blog gratis.
Menurut saya, selain komponen diatas ada beberapa komponen lainnya yang sering ditemui dalam suatu blog pada saat ini antara lain :

Author Profile – Profile singkat identitas penulis/ pemilik blog.

Search Form – Form ini memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu dalam suatu blog.

Shout Tag/Box – Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan pemilik blog dengan meninggalkan suatu pesan tertentu. Pemilik blog dapat membalas pesan di shoutboxnya secara langsung atau meninggalkan pesan di shoutbox blog pengirimnya sehingga terjadi interaksi timbal balik satu sama lain secara praktis dan cepat.

Blog Statistics – Beberapa pemilik blog memasang fasilitas ini untuk mengetahui jumlah pengunjung blog, dan beberapa data lainnya seperti waktu kunjungan, lama kunjungan, alamat ip, referensi URL, browser, monitor dan sistem operasi yang digunakan pengunjung.

Trackback dan Pingback – Suatu sistem otomatis yang memberitahukan suatu postingan menjadi referensi dari postingan di blog yang lain.


*adaptasi bab II fenomena blog sebagai diary online dalam perspektif psikologis, semoga menjadi jawaban mengapa saya jarang ngeblog beberapa waktu terakhir ini ;))
Sumber: http://blog.kenz.or.id/2006/06/22/anatomi-sebuah-blog.html

No comments:

Lencana Facebook